Impulse Buying
impulse buying adalah perilaku
orang yang tidak merencanakan sesuatu dalam berbelanja. Konsumen yang melakukan
impulse buying tidak berpikir untuk membeli produk atau merek tertentu. Mereka
langsung melakukan pembelian karena ketertarikan pada merek atau produk saat
itu juga. Rook dan Fisher misalnya pernah mendefinisikan impulse buying
sebagai kecenderungan konsumen untuk membeli secara spontan, reflek,tiba-tiba,
dan otomatis.Dari definisi ini terlihat bahwa
impulse buying merupakan sesuatu
yang alamiahdan merupakan reaksi yang cepat. Namun demikian, dalam situasi dan
waktu apa ituterjadi, memang tidak dijelaskan. Jadi impulse buying ini bisa
terjadi di mana saja dankapan saja. Termasuk pada saat melihat iklan di
televisi atau billboard, dan kemudian sikonsumen langsung membeli. Namun demikian,
istilah ini lebih sering dipakai di duniaritel.
impulse buying terjadi pada saat si
konsumen masuk ke toko ritel dan ternyatamembeli produk di ritel tersebut tanpa
merencanakan sebelumnya.
Hal-hal yang Mempengaruhi Konsumen
untuk Melakukan Impulse Buying
Ada beberapa hal yang mempengaruhi
konsumen untuk melakukan
impulse buying, yaitu :
1.
Produk yang memiliki kesempatan untuk terjadinya impulse buying umumnyaadalah
produk yang memiliki harga rendah sehingga konsumen tidak perlu berpikir untuk
menghitung bajet yang dimilikinya.
2.
Produk-produk yang memiliki mass advertising, sehingga ketika berbelanja
sikonsumen ingat bahwa produk tersebut pernah diiklankan di televisi.
3.
Produk-produk dalam ukuran kecil ringan dan mudah disimpan. Biasanya,konsumen
mengambil produk ini karena dianggap murah dan tidak terlalumembebani keranjang
atau kereta belanjanya.
4.
Hal lain yang bisa mempengaruhi orang melakukan impulse buying adalah produk
self-service . Misalnya si konsumen bisa menuang sendiri minumannya
ataukonsumen bisa langsung memanaskan makanannya lewat microwave. Selain
itu,kemampuan si pemasar membuat visualisasi yang baik juga bisa
menciptakanimpulse buying.
http://prayoga28.blogspot.com/2012/11/definisi-impulse-buying.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar