Jumat, 06 Desember 2013

well gromed



WELL GROMMED
Istilah ini mungkin asing bagi kebanyakaan orang, tetapi mungkin juga tidak. Dari manakah asalnya istilah itu? Istilah ini adalah istilah bahasa inggris, berasal dari kata to groom berarti memelihara.
  Jadi, well-groomed berarti terpelihara baik. Orang yang mendapat julukan well-groomed berarti ia Nampak terpelihara baik, misalnya tidak berambut gondrong yang nampak tidak terpelihara, berpakaian rapid an bersih, cocok dengan sipemakai dsb. Bila kita teliti lebih jauh well-groomed mungkin dapat diartikan pula luwes-sedap dipandang dan menarik.
  Tidak semua orang yang menggunakan pakaian mahal, perlengkapan seperti tas, topi dsb yang mahal pula dapat disebut well-groomed.
  Walaupun apa yang ia kenakan serba mahal tetapi tidak terpelihara, misalnya letak bajunya tidak rapi, kancing tidak cocok dengan bahan atau hampir lepas, sepatu kotor tidak disemir dsb, pendeknya ia bersikap acuh terhadap apa yang ia pakai, orang itu tidak dapat diebut well-groomed.
  Sering terdengar adanya pemilihan ratu luwes, atau pria/wanita berbusana terbaik dsb.
Pada pemilihan itu tentu dicari orang yang paling luwes diantara sekian bnyak orang yang luwes2, atau orang2 yang paling baik berbusananya.
  Biasanya diadakan tiap tahun. Julukan yang diberikan kepada yang terpilih adlah “Ratu Luwes” atau pria/wanita berbusana terbaik tahun. . . . . . . . . . untuk berbusana terbaik biasanya diambil lebih dari seorang, misalnya 10 orang, sehingga tiap tahun sering didengar “the ten best dressed women” atau “The ten best dressed men”.
  Tentu orang2 yang terpilih itu merasa bangga bukan?
Bukankah  manusia pada umumnya akan merasa senang dan bangga, bila ada yang mengatakan kepadanya bahwa ia bias berdandan dan selalu klihatan rapi dan terpelihara. Bila itu benar, silahkan berusaha agar nampak rapi, terpelihara, menarik sehingga istilah “well-groomed”dapat diterapkan.
  Jangan lupa pula bahwa dari cara bicara, cara bertingkah laku, cara bersikap dan berpakaian, kadang seseorang dapat dinilai bagaimana kepribadiannya,lingkungannya dan taraf pendidikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar